Senin, 15 Februari 2010

Sejarah,Pengertian dan Fungsi dari Uang

A. Sejarah Uang
Pada awal-nya manusia belum mengenal uang,pada zaman dahulu manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara bercocok tanam,dimana bercocok tanam berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.Karena ada keinginan yang lebih,maka timbul lah sistem barter. Contohnya,seseorang yang mempunyai sayuran,ditukarkan dengan daging. Tapi sistem tersebut tidak bertahan lama,dikarenakan adanya beberapa kendala dalam sistem barter tersebut. Adapun contoh kendala tersebut adalah,tidak sesuainya barang yang satu dengan barang yang akan dibarter. dan tidak selalu ada orang yang mau menukarkan barang-nya dengan barang yang lain. dengan demikian, muncul lah uang sebagai alat tukar yang mempunyai nilai untuk melakukan ytansaksi,sebagai alat hitung dan sebagainya.


B. Pengertian Uang
Sesuatu yang dijadikan sebagai alat untuk melakukan transaksi pembayaran ekonomi dimana sesuatu yang dijadikan sebagai uang diterima,dipercaya dan disukai oleh masyarakat atau orang-orang yang melakukan transaksi ekonomi.

C. Fungsi Uang
Uang memeiliki fungsi utama dalam suatu perekonomian,yaitu :
- Sebagai satuan hitung, untuk dapat menetapkan suatu nilai harga pada suatu produk barang maupun jasa dalam suatu ukuran umum,jika suatu produk bernama permen dihargai seratus rupiah maka untuk membeli 4 buah permen membutuhkan uang empat ratus,.Jika harga bakwan tiga ratus,dan harga risolzs seribu,jika seorang punya uang dua ribu maka untuk mebeli keduanya dibutuhkan harga seribu empat ratus dan ia akan memiliki sisa uang enam ratus rupuah untuk dibelanjakan produk atau jasa lainnya.
-Sebagai alat transaksi, Uang dapat berfungsi sebagai alat tukar untuk mendapatkan suatu produk barang atau jasa dengan catatan harus diterima dengan tulus dan ikhlas dan dijamin oleh pemerintah serta dijaga keamanannya dari tindakan pemalsuan uang. Pembeli akan menyerahkan sejumlah uang kepada penjual atas produk yang ia terima,sedangkan penjual akan menerima sejumlah uang dari pembeli produk yang dijualnya sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.
-Sebagai penyimpan nilai
-sebagai pembayaran di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar